Setingan Pleci Biar Bisa Ngalas dan Ngerol Dalam Waktu Singkat

Rahasia Setingan Pleci Biar Bisa Ngalas dan Ngerol

Assalamualikum kicau mania sebangsa dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tips tentang Cara Setingan Pleci Biar Bisa Ngalas dan Ngerol Panjang.
Burung Pleci merupakan salah satu burung kicau yang memiliki kicauan yang merdu dan memiliki penampilan tubuh yang sangat menarik, terlebih lagi jika burung tersebut dirawat dengan baik dan benar, maka penampilan tubuhnyapun akan semakin menarik.

Burung Pleci merupakan burung kicau yang masuk kedalam kategori burung kicau yang berukuran kecil yaitu ukuran tubuh burung pleci berkisaran antara 11-13cm.

Dialam liar burung pleci biasanya mendiami hutan primer yang dihutan tersebut terdapat banyak pepohonan rindang yang rimbun.

Biasanya juga burung pleci banyak terdapat di perkebunan warga untuk mencari makanan,
Merekeka dapat kita jumpai dengan dengan jumlah yang sangat banyak yaitu setiap kelompok berjumlah antara 20-30ekor.

Sekarang ini burung pleci merupakan burung yang menjadi primadona di kalangan kicau mania yang ada diindonesia, yang membuat para kicau mania mulai memelihara ataupun mulai memburu burung ini dikarena perlombaan burung kelas pleci sudah mulai terbuka dibeberapa kota di indonesia.

Tidak hanya itu saja, burung pleci juga merupakan burung kicau yang tergolong burung yang suka membuka paruhnya atau bisa dibilang burung yang sering ngriwik, meskipun masih dalam keadaan liar.

Itulah yang membuat para kicau mania mulai memburu burung ini untuk di perlombakan di kontes burung.

Diindonesia sendiri burung pleci dipasaran biasanya di hargai sangat murah yaitu berkisaran antara Rp. 10.000-15.000/ekor untuk yang masih liar.
Untuk pleci yang sudah jinak dan bisa dihargai lebih mahal yaitu berkisaran antara Rp. 100.000-200.000/ekornya.

Dilihat dari sifatnya yang mudah jinak, maka burung ini juga dalam perawatanya bisa dibilang sangat simple, sama seperti perawatan burung kicau yang lain yaitu umumnya kita hanya perlu memberikan pakan, minum dan kita juga harus rutin membersihkan kandangnya.

Selain sobat harus memperhatikan perawatanya setiap hari, sobat juga harus memperhatikan tingkat birahi burung, dikarenakan birahi juga merupakan faktor yang paling penting dalam setingan harian pleci.

Karena sebenarnya tujuan kita untuk melakukan setingan harian untuk pleci yaitu untuk mengontrol tingkat birahi burung, kita harus bisa mengontrol birahi burung sampai stabil.

Birahi burung sebenarnya juga sangat dipengaruhi dengan apa yang mereka makan, terutama Efnya.

Jika birahi burung pleci yang sobat miliki terlalu tinggi itu juga tidak baik untuk si burung, biasanya burung yang memiliki birahi yang terlalu tinggi dapat ditandai dengan sifatnya yang hanya ngalas-ngalas sambil loncat-loncat.

Sedangkan untuk pleci yang memiliki tingkat birahi yang sangat rendah itu akan membuat burung jarang bunyi, biarpun bunyi biasanya  burung hanya ngeriwik enteng tanpa nada.
Maka dari itu sobat harus mampu mengontrol tingkat birahi yang sobat berikan dengan cara mengikuti Tips yang akn saya betikan dibawah ini.

Meskipun bisa dibilang mudah dalam perawatanya, namun sobat tidak boleh asal-asalan dalam merawat burung ini.

Untuk mendapatkan burung yang berkualitas pastinya harus dibarengi dengan kerja keras dan ketlatenan sobat dalam perawatan burung pleci. Maka dari itu saya akan memberikan tips tentang bagaimana cara Seting Burung Pleci Yang Akan di Ikutkan Perlombaan biar bisa ngalas dan ngerol panjang.

Setingan Burung Pleci


1. Pengembunan


Yang pertama yang harus lakukan dalam perwatan atau setingan pleci, yaitu sobat harus melakukan pengembunan secara rutin setiap hari.

Waktu pengembunan ini yaitu tepatnya pada pukul 04.00/05.00 pagi hari, atau masih bisa dibilang subuh hari. Cara melakukanya ialah dengan meletakan sangkar burung sobat diluar ruangan, yaitu bisa disamping rumah sobat atau bisa sobat tempatkan dibawah pohon, dimana tempat yangmemiliki udara segar.

Pengembunan memiliki banyak khasiat untuk jenis burung kicau seperti burung pleci. Pengembunan burung pleci bisa menurunkan pleci yang sedang over birahi.

Akan tetapi pengembunan ini juga tidak baik dilakukan untuk pleci yang sedang ngedrop karna itu hanya akan menggangu kesehatan burung.

Udara pagi yang sejuk dan segar sangat baik untuk pleci, mereka akan mengira berada di alam liar secara bebas, pengembunan jika dilakukan secara teratur akan membuat burung pleci menjadi segar dan menaikan birahi pleci yang sedang turun.

2. Memandikan Pleci Secara Rutin


Yang selanjutnya untuk setingan pleci biar bisa ngalas dan ngerol yaitu sobat harus memandikan pleci secara rutin setiap hari.

Mandi pagi sangat berguna untuk menjaga kesehatan burung agar burung tidak mudah terserang penyakait. Selain bisa menjaga burung dari penyakit, mandi pagi juga sangat penting untuk menjaga birahi burung agar bisa tetap stabil.

Tidak hanya itu saja, mandi pagi juga dapat membuat burung menjadi segar dan juga bisa membersihkan kotoran yang menempel pada bulu burung.

Untuk memandikan burung pleci di pagi hari sobat bisa lakukan pada pada saat matahari pagi mulai meninggi, tepatnya pada pukul 08.00-09.00 .

Mandikan pleci sobat dengan menggunakan alat semprot burung yang bisa sobat beli dipasar atau ditoko burung.
Cara memandikanyapun tidak jauh beda dengan cara memandiman burung kicau pada umumnya, yaitu dengan cara menyemprot selur tubuh burung. Tapi perlu sobat ingat jangan menyemprot pada mata dan telingan burung.

Tapi jika sobat baru membeli burung pleci dari pasar burung atau yang lebih tepatnya hasil dari ombyokan, saran saya jangan langsung memandikan burung, biarkan burung untuk beradaptasi dulu kurang lebih 1 minggu.

3. Lakukan Penjemuran


Setelah sobat telah selesai melakukan proses memandikan burung, yang selanjutnya yang harus sobat lakukan ialah melakukan penjemuran burung agar burung pleci sobat tidak sakit karena kedinginan.

Proses penjemuran pleci ini terdapat dua metode yaitu yang pertama menjemur burung cukup selama 1 jam saja dan ada juga yang menjemur burung pleci sangat lama, yaitu dari pagi hari sampai siang hari tepatnya sampai pada pukul 1 siang.

Jika sobat ingin melakukan proses penjemuran yang metode 2 yaitu menjemurnya sampai siang hari, sobat harus memperhatikan dulu kesehatan burung. Dalam menjemur burung ada yang mencopot semua tempat makan dan minumya dan ada juga yang hanya mencopot tempat makananya menyisakan tempat minumanya saja.
Untuk pleci yang akan dijemur sampai siang hari, sobat harus membiarkan tempat minumnya tetap berada didalam sangkarnya, dan hanya mencopot yempat makananya saja.

4. Pakan dan EF pleci


Makanan pleci bermacam-macam, ada yang menggunakan voer dan ada juga yang memberikan pakan berupa voer, tergantung burung pleci sobat, apakah pleci sobat sudah memakan voer atau belum.

Untuk pleci yang sudah memakan voer, biasanya voer dicampur dengan golden cup + 220 volt, leopard + susu dencow dan biasanya juga voer + dorodod. Pencampyran ini bisa sobat lakukan sesuka hati sobat, tergantung isi kantong sobat jika masih penuh yang silahkan membeli semuanya tapi jika kondisi kantong sobat sudah tidak mendukun, ya jangan memaksakan, nanti malah ngutang hehehehe...

Selain pemberian voer, pemberian berupa buah-buahan sangat penting untuk burung pleci sobat, untuk buah-buahan yang baik untuk pleci yaitu buah-buahan yang masih segar dan terhindar dari pestisida, buah yang baik untuk pleci yaitu seperti buah pisang, pepaya, apel, dan buah yang memiliki kandungan vitamin yang baik lainya.

Selainpemberian buah-buahan, pemberian makana tambahan juga sangat penting untuk pleci sepertinmakan EF berupa ulat hongkong, jangkrik, dan kroto.

Sobat bisa memberikan berupa makanan tambahan ini pada pagi, sore dan malam hari jika perlu.
Untuk pagi hari pada pukul 07.00 berikanlah 4UH, pada sore hari tepatnya pada pukul 04.00berikan lagi 4UH dan malam hari pada pukul 09.00 berikan cukup 2UH.
Jika birahi burung masih terlihat kurang maka tambahkan lagi porsinya.

Tetapi jika birahi burung pleci sobat sudah berlebihan kurangi takaranya bila perlu tidak usah memberikanya pada malam hari, pokoknya sobat harus mengontrol takaranya hingga pas.
Pemberian kroto biasanya dilakukan oleh pleci mania yaitu 1 minggi 3 kali sebanyak setengah sendok.

5. Minuman Pleci


Untuk air minum burung pleci, sobat harus menggantinya secara rutin setiap hari, demi menjaga kebersihan dan kesegaran air tersebut, demi kesehatan burung pleci sobat.

Selain memberikan air minum matang kepada pleci sobat, biasanya pleci juga diberikan air minum hasil produk pertokoan seperti minuman mizone, vitle vitle, orange wate dan nutri boost.

Tetapi jika sobat takut dengan kesehatan atau bahaya dati pemberian air minum hasil dari olahan pabrik, sobat lebih baik meracik minumannya sendiri dengan racikan nektar. Pemberian minuman ini lakuakan dalam kurun waktu 3 kali dalam seminggu.

Jika inginmemberikanya setiap hari juga boleh, itu malah lebih bagus lagi, sobat juga bisa memberikan minuman hasil racikan sobat bersma dengan minuman air tawar.

6. Koloni

Pengkolonian pleci juga sangat penting untuk merangsang birahi pleci bisa stabil. Karena pada dasarnya pleci merupakan burung yang hidupnya lebih suka berkoloni atau berkelompok.

Pengkolonian ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk burung pleci sobat. Sobat bisa melakukan pengkolonian ini dengan cara menggabungkan 3-5ekor pleci dalam satu kandang, pengkolonian pleci ini bisa digunakan untuk melakukan pengecasan terhadap pleci sobat.

Selain sebagai pengecasan untuk merangsang birahi burung, pleci juga sangat penting untuk acara burung saling berinteraksi kembali seperti layaknya berada dialam liar.

Pengkolonian ini juga bisa kita gunakan untuk memilih pleci yang paling berpotensi atau memiliki kemampuan yang lebih dari pleci yang lain.

Sobat bisa memilih pleci yang paling berpotensi disangkarnya dengan cara melihat gerak-gerik pleci yang paling bagus, biasanya pleci yang memiliki mental petarung yang bagus akan ditandai dengan jelakuanya disangkar lebih sering berkicau dibandingkan pleci yang lainya.

Pengkolonian pleci ini dapat sobat lakukan pada saat pleci sedang diangin-anginkan setelah mandi, tepatnya pada pagi hari.

7. Pengumbaran Pleci


Pengumbaran pleci juga sangat penting untuk melatih nafas maupun melatih stamina pleci sobat, terlebih lagi jika pleci sobat ingin diikutkan perlombaan maka sobat harus sering-sering melakukan pengumbaran ini agar nafas pleci bisa terlatih dan panjang.

Pengumbaran ini dapat sobat lakukan pada pagi hari tepatnya pada pukul 10.000am. Waktu pengumbaran cukup 1-2 jam saja, 
Jika sobat tidak memiliki kandang umbaran, sobat bisa membuatnya sendiri dengan cara merangkai ram-ram untuk dinding dan laintanya, dan pada atapnya sobat bisa membuatnya dengan penutup kipas angin.

8. Suplement Pleci


Jika sobat ingin mendapatkan pleci yang berkualitas dan mampu ngalas dan ngerol panjang, sobat juga perlu memberikan berupa suplement penambah vitamin bagi pleci sobat.

Baca juga: Cara Singkat Menjinakan Pleci Dakun

Nemun, pemberian suplement ini tidak harus sobat berikan secara rutin setiap hari, sobat bisa memberikan berupa suplement penambah vitamin burung bisa dalam waktu seminggu sekali atau dua minggu sekali, dikarenakan pemberian suplement paleci ini bisa dibilang tidak harus, banyak juga pleci yang tidak pernah diberikan suplement burung, bahkan mereka mampu ngalas panjang dan ngerol. 

Suplement yang bisa sobat berikan untuk pleci sobat berupa suplement penambah vitamin, mineral, minuman racikan dll.

Selain pemberian suplement, pemberian doping juga sangat penting bagi pleci sobat, tujuan dari doping ini yaitu untuk merangsang pleci sobat agar bisa rajin bunyi dan cepat ngalas. 

Jika sobat ingin memberikan berupa suplement untuk leci sobat, jika belum paham dalam pemberian suplement tersebut, jangan asal-asalan karena itu sangat beresiko untuk kesehatan pleci sobat. Jadi sobat harus tau bagaimana takaran yang pas untuk suplement pleci sobat.

9. Pemasteran Pleci


Jika sobat telah melakukan beberapa cara diatas dengan benar, selanjutnya sobat tinggal melakukan cara yang terkhir yaitu pemasteran pleci sobat.

Untuk cara melakukan pemasteran pleci ada dua cara yaitu, pemasteran dengan menggunakan pleci yang sudah gacor atau ngalas, dan yang kedua melakukan pemasteran dengan cara menggunakan suara masteran yang sudah terbentuk menjadi suara mp3.

Pleci bisa dimasterkan dengan menggunakan suara pleci yang sudah ngerol, untuk masalah volumenya bisa sobat atur sendiri sesuai kondisi rumah sobat, jika rumah sobat dekat dengan jalan raya dan banyak suara bising maka sobat bisa memberikan suara masteran dengan volumr yang keras, tapi jika rumah sobat tergolong sunyi maka sobat bisa memberikan volume yang kecil.

Jika ingin ngerol pleci dapat sobat masterkan dengan menggunakan suara masteran burung blackthroat atau suara kenari.

Mungkin itu saja Tips dari saya tentang Setingan Pleci biar bisa ngalas dan ngerol dalam waktu singkat. Semoga postingan ini bermanfaat.

Untuk sobat yang masih bingung dengan tips di atas, sobat bisa bertanya di kolom komentar dibawah. Tapi jangan lupa untuk share artikel ini ya gan, 




Perhatian: Iklan Yang Tayang Di Situs Kami Sepenuhnya Diatur Oleh Pihak Google. Jadi Jika Ada Iklan Yang Menyinggung, Kalian Bisa Hubungi Admin Lewat formulir kontak situs ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.
Buka Komentar

0 Response to "Setingan Pleci Biar Bisa Ngalas dan Ngerol Dalam Waktu Singkat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel