Cara Perawatan Kolibri Sriganti/Sogok Ontong

Cara Perawatan Kolibri Sriganti/Sogok Ontong

Assalamualaikum para pecinta kicau mania sesabang dan setanah air. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang cara perawatan harian sogok ontong/sriganti.
Kolibri Sogok ontong atau sriganti merupakan salah satu jenis burung prmakan nektar dari sari bunga yang ada dialam, burung ini sering kita jumpaai ditempat-tempat yang banyak terdapat tanaman bunga-bunga. Burung kolibri sriganti atau dengan nama latin nectaridae ini termasuk kedalam jenis burung madu-maduan.

Burung kolibri sriganti atau Sogok ontong biasa hidup secara berkelompok setiap kelompok berjumblah mulai dari 3 sampai 5 ekor di habitatnya, burung ini juga biasa kita jumpai di perkebunan warga, dijalanan bahkan di perumahan warga.
Baca Juga: Cara Menangkap Burung Sogok Ontong/Sriganti di Alam Liar
Untuk makanan burung sogok ontong tidak berbeda dengan jenis burung kolibri lainya yaitu memakan nektar dari sari bunga.
Namun, porsi nektar atau madu yang dibutuhkan oleh kolibri sogok ontong ini lebih banyak, dibandingkan makanan nektar atau madu yang dibutuhkan oleh jenis burung kolibri yang lain seperti burung Kolibri ninja dan Kolibri manggar. Di karena suara yang dikeluarkan burung kolibri sogok ontong atau sriganti ini lebih nyaring dan melengking, maka dari itu ketika saat berbunyi burung ini cukup memerlukan nutrisi dan energi yang lebih banyak pula.

Perbedaan sogok ontong jantan dan betina.

Burung sogok ontong jantan memiliki ciri-ciri warna tubuh yang kuning cerah dan pada bagian dadanya sampai pada perut dan wajah hingga leher depan berwarna hitam kebiruan mengkilap, sertapada bagian  kepala, punggung dan sayapnya berwarna hijau tua keabu-abuan gelap.

Sedangkan burung kolibri sogok ontong betina, memiliki ciri-ciri warna pada bagian lehernya hingga perut bagian bawahnya berwarna kuning cerah. Dan pada bagian kepalanya hingga punggung serta sayapnya berwarna hijau tua keabu-abuan tua.

Populasi burung sogok ontong dialam liar masih sangat banyak, karena perawatannya yang tidak gampang. Maka sangat jarang orang yang menangkapnya.
Untuk saat ini burung sogok otong memang menjadi salah satu alternatif masteran yang cukup banyak di minati.

Burung sogok otong memiliki suara crecetan yang cukup panjang dengan volume yang cukup keras dan merdu.

Sebagai burung masteran, sogok otong memang istimewa, dikarenakan suara yang dihasilkan sangat bervariasi juga domina crecetan menjadi masteran yang cukup bagus.

Berikut perawatan harian burung sogok otong/sriganti.

1. Embunkan Burung
keluarkan sogok otong pada pagi hari atau subuh untuk di embun-embunkan, biarkan burung sogok ontong menghirup udara segar. Setelah matahari mulai terlihat, mandikan burung sogok otong sampai basah kuyup.

2. Jemur Burung 
Setelah burung dimandikan, jemur burung dibawah sinar matahari hingga kering, sekitar 30-60 menit. Setelah bulu burung kering, berikan sogok otong kroto secukupnya, kemudian jemur kembali agar burung mengeluarkan suara. Pancing dengan suara sogok otong betina. Setelah di jemur, angkat burung lalu angin anginkan. Dan berikan lagi beberapa buah jangkrik segar.

3. Masteran Burung
Lalu master sogok ontong dengan suara sogok otong yang memiliki materi lagu bagus. bisa juga dengan suara burung lain yang memiliki karakter suara sama dengan sogok otong atau burung yang memiliki suara banyak variasi lainya.

4. Pemberian Pakan
Berikan Sogok ontong air gula. pemberian air gula sebaiknya dengan porsi 4:1. Air gula ini bertujuan agar sogok otong bisa lebih ngeriwik. Berikan Burung Sogok ontong sobat berupa susu kental manis. pemberian susu dapat di selangi untuk penggantian air gula agar nutrisi burung terpenuhi. sehingga burung sogok otong gemuk dan gacor.

Itulah cara perawatan burung sogok ontong/sriganti. Perlu diingat, pemberian air gula tanpa diselangi jangkrik akan membuat sogok ontong kurus dan kurang nutrisi. Maka berikan jangkrik pada sogok ontog 3-5 buah/hari agar nutrisinya terpenuhi. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa membaca juga artikel menarik kami lainya dibawah ini.
Perhatian: Iklan Yang Tayang Di Situs Kami Sepenuhnya Diatur Oleh Pihak Google. Jadi Jika Ada Iklan Yang Menyinggung, Kalian Bisa Hubungi Admin Lewat formulir kontak situs ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.
Buka Komentar

0 Response to "Cara Perawatan Kolibri Sriganti/Sogok Ontong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel