8 Cara Mengatasi Bulu Burung Pleci Yang Kusam Dan Rusak

Cara Merawat Bulu Burung Pleci Tetap Mulus Dan Indah 


Assalamualaikum kicau mania sebangsa dan setanah air. Bertemu lagi bersama saya di situs burung kesayangan kita ini. Ya, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang Tips Membuat Bulu Burung Pleci Menjadi Mulus Dan Indah Dalam Waktu Singkat.

Burung Pleci merupakan salah satu burung kicau yang memiliki peminat paling banyak di indonesia. Banyak para pecinta kicau mania yang memilih burung Pleci ini sebagai burung andalan mereka, baik itu sebagai penghias rumah, maupun digunakan sebagai burung andalan yang akan diikutkan perlombaan.

Mereka beranggapan bahwa burung Pleci ini merupakan burung yang memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri dibandingkan jenis burung kicau lainya.
Dilihat dari tubuhnya yang mungil, burung Pleci memiliki kegemasan yang tersendiri, dan juga burung Pleci ini memiliki kicauan yang sangat merdu jika di rawat dengan benar. Burung Pleci msmpu mengeluarkan suara yang beragan seperti suara ngeriwik dan juga suara menembak.

Selain memiliki suara kicauan yang lantang dan sangat merdu, burung Pleci juga memiliki penampilan tubuh yang menawan, dengan warna bulu - bulunya yang berwarna kuning terang dilengkapi dengan warna putih dibagian dadanya untuk Pleci dada putih.

Namun, jika sobat salah dalam merawatnya maka jangan heran jika burung Pleci kesayangan sobat memiliki bulu - bulu yang rusak dan kusam. Tapi jangan khawatir untuk sobat yang tidak tahu dengan hal ini, jika Pleci sobat sudah mengalami hal ini.

Karena saya akan memberikan Tips Tentang bagaimana Caranya Mengembalikan bulu Burung Pleci Yang Kusam Dan Rusak Menjadi Mulus Kembali Dalam Waktu Singkat.

Burung Pleci yang memiliki bulu yang indah dan mulus akan menambah kepedean tersendiri baginya, burung akan lebih rajin bunyi dan juga bisa lebih gacor.
Dan sebaliknya, jika burung Pleci memiliki bulu yang kusam dan rusak akan mengurangi performa burung dalam berkicau.

Tahukan sobat apa yang membuat bulu burung Pleci menjadi kusam dan rusak? Ada beberapa hal yang membuat bulu burung kusam dan rusak, berikut saya akan mengulasnya.
Inilah yang membuat bulu burung Pleci menjadi rusak dan kusam:

Gejala Yang Membuat Bulu Burung Pleci Menjadi Kusam Dan Rusak


  • Burung Pleci dimandikan secara kasar dengan menyemprotnya secara berlebihan, memandikan burung Pleci dengan gayung langsung dan juga burung Pleci jarang dimandikan dikeramba.
  • Menjemur burung Pleci secara berlebihan dibawah terik sinar matahari, hal ini juga akan membuat bulu burung Pleci menjadi kering dan kusam.
  • Burung Pleci jarang diberikan asupan yang bervitamin tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran.
  • Burung Pleci hanya diberikan pakan yang kering setiap hari juga akan membuat bulu burung Pleci akan Kusam dan Rusak.
  • Kekurangan nutrisi makanan juga akan membuat bulu burung Pleci menjadi rusak dalam waktu singkat.
  • Burung Pleci juga terlalu sering di berikan doping, tanpa dinetralkan terlebih dahulu.
  • Pemberian madu secara berlebih setiap hari juga akan membuat bulunya menjadi rusak.
  • Terlalu sering mengonta - ganti jenis pakan Voernya juga akan membuat bulu burung Pleci menjadi rusak.
  • Tetapi ada juga burung Pleci yang memiliki bulu yang asli memang kusam di karenakan oleh faktor keturunan atau genetiknya.

Nah, itulah tadi beberapa poin - poin yang membuat bulu burung Pleci menjadi kusam dan rusak. Setelah sobat mengetahui penyebab bulu burung Pleci yang kusam dan rusak, dan selanjunya mari kita lanjut ketahap selanjutnya tentang Cara Mengembalikan bulu buru Pleci yang rudak menjadi mulis dan indah kembali.

Cara Mengembalikan Bulu Burung Pleci Yang Kusam Msnjadi Mulus Dan Indah Kembali


1. Menjemur burung Pleci pada pagi hari saja, sobat tidak usah lagi menjemur burung Pleci pada siang dan sore hari, karna itu hanya akan membuat bulu burung Pleci menjadi kusam dan lama - kelamaan menjadi rusak.

Dalam menjemur pada pagi haripun sobat cukup menjemurnya 1 - 2 jam saja, jangan terlalu lama. Sobat hanya boleh menjemur burung Pleci sampai batas jam 10 pagi.

2. Usahakan untuk memandikan burung Pleci secara rutin setiap hari, baik itu mandi keramba ataupun mandi sendiri. 

Tidak hanya tanaman saja yang jika terkena air akan menjadi subur dan mulus, ternyata bulu burung Plecipun demikian, jika terkena air maka bulunya akan menjadi mulus kembali karena pada saat mandi burung Pleci akan membersihkan semua bulu - bulunya dari hewan - hewan kecil seperti parasit, tungau, kutu dan kotoran yang menempel sehingga bulunya akan kembali menjadi mulus kembali.

3. Sering - seringlah memberikan berupa buah - buahan dan sayuran yang bervariasi kepada Pleci, berikan buah - buahan yang menandung vitamin yang tinggi, seperti wortel, tomat, apel dan juga jeruk. Untuk sayur seperti gubis dan juga kacang panjang.
Karena ternyata pemberian buah dan sayur pada Pleci ternyata bisa membuat bulu burung Pleci menjadi mulus dan indah.  Namun hal ini tidak akan terjadi dalam waktu yang singkat, semuanya butuh proses.

4. Dalam perawatan bulu burung Pleci juga diperlukan asupan tambahan berupa EF, demi mendapatkan bulu burung yang mulus. EF adalah makanan Extra Fooding yang bisa sobat berikan pada burung Pleci, demi mendapatkan gizi yang memenuhi kebutuhan gizi burung, seperti tepung daging dan juga tepung udang bisa di gunakan untuk mempermulus dan juga memperindah bulu burung Pleci.

5. Usahakan untuk tidak menggonta - ganti pakan Voer burung, karan jika sobat terlalu sering menggonta - ganti pakan voer burung hanya akan membuat bulu burung Pleci menjadi kusam dan rusak.
Untuk mengetahui jenis Voer yang bagus dan memiliki gizi yang bagus untuk Pleci, sobat bisa lihat di artikel dibawah ini.
6. Untuk mempercantik dan menjaga bulu - bulu burung Pleci tetap mulus dan cantik juga bisa sobat lakukan dengan cara memberikan berupa susu kental manis setiap hari.

7. Sobat juga bisa mempercantik bulu burung Pleci dengan cara memberikan berupa madu pada burung Pleci, pemberian madu ini bisa sobat lakukan dengan cara mencampur madu tersebut dengan air minum pleci, madu yang diberikanpun terserah sobat bisa madu rasa dan madu asli. 

Yang perlu diingat bahwa sobat tidak perlu memberikan madu ini setiap hari pada burung Pleci sobat, cukup memberikanya pada musim dingin dan musim hujan saja, pemberian madu dilakukan pada pagi hari.

8. Pemberian berupa vitamin bulu burung juga perlu untuk sobat lakuakn dalam perawatan bulu burung Pleci, agar bulunya tetap mulus dan indah.

Itulah tadi informasi mengenai gejala bulu burung Pleci menjadi kusam dan rusak dan juga informasi tentang cara merawat bulu burung Pleci akan bisa tetap mulus dan indah. Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa dibagikan ya sob, agar semua Pleci mania bisa tahu tentang informasi ini. Terima kasih.
Perhatian: Iklan Yang Tayang Di Situs Kami Sepenuhnya Diatur Oleh Pihak Google. Jadi Jika Ada Iklan Yang Menyinggung, Kalian Bisa Hubungi Admin Lewat formulir kontak situs ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.
Buka Komentar

0 Response to "8 Cara Mengatasi Bulu Burung Pleci Yang Kusam Dan Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel