Penyebab Dan Cara Mengatasi Bulu Pleci Mengembung

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bulu Pleci Yang Mengembung


Assalamulaikum kicau mania sebangsa dan setanah air. Ya, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Penyebab Dan Cara Mengatasi Bulu Pleci Ngembung.
Artikel ini saya buat khusus untuk member PCMI ( Pleci Mania Indonesia ). Karena saya melihat banyak sekali member yang ada di forum tersebut mengeluhkan hal ini. Banyak yang membuat postingan tentang pertanyaan seperti ini :


 gan kenapa ya Pleci saya kalo di gantang gaya mainya ndeprok/bulu mengembung ??


 gan kenapa ya Pleci saya bulunya sering mengembung??

Sebenarnya saya hanya akan memberikan kembali semua jawaban dan juga solusi yang telah diberikan oleh Master - master kicau mania yang lebih jago dari saya, disini saya hanya akan merangkum semua jawaban dari pertanyaan diatas.

Tujuannya agar jawabanya lebih teratur dan lengkap.

Memang untuk mengatasi bulu burung Pleci yang suka ngembung membutuhkan penanganan yang tepat dan juga sesuai dengan penyebabnya. Tidak boleh asal - asalan, karena jika sobat salah dalam menanganinya, maka bukanya jadi sembuh malah tambah parah.

Ada beberapa penyebab bulu Pleci menjadi ngembung, jadi sobat juga harus tau penyebab - penyebab tersebut. Agar nantinya sobat bisa dengan mudah dalam penengananya.

Penyebab Dan Cara Penanganan Bulu Pleci Yang Ngembung


1. Kedinginan


Pada saat cuaca musim hujan, pasti burung Pleci yang sobat miliki akan mengembung, dikarenakan burung Pleci kedinginan, untuk hal ini sobat tidak perlu khawatir karena ini merupakan sifat alami burung.

Untuk mengatasinyapun sangat mudah, yaitu dengan cara memberi penghangatan pada burung dengan cara membuatkan berupa minuman madu dicampur dengan air sari jahe, sobat juga bisa mengatasinya dengan cara menjemur burung Pleci dibawah sinar matahari, agar tubuhnya kembali hangat.

2. Over Dosis Doping


Selain disebabkan oleh kedinginan, bulu Pleci menjadi mengembung juga bisa disebabkan oleh pemberian Doping yang berlebihan, yang mengakibatkan sistem metabolisme Pleci menjadi kacau.
Hal inilah yang membuat kesehatan burung terganggu dan mengembungkan bulunya.

Untuk mengatasi masalah ini yang harus sobat lakukan ialah, memberikan panteralisir seperti air kelapa hijau atau memberikan susu murni dan segar, yaitu sus sapi. Jika sobat kesulitan dalam mencari susu asli, sobat juga bisa memberikan susu cap beruang yang bisa sobat beli di kios kios terdekat.

3. Cacingan


Tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami penyakit cacingan, ternyata burung Plecipun bisa mengalami hal ini, jika sobat salah dalam melakukan perawatanya. Masalah cacingan inilah yang membuat bulu Burung Pleci menjadi mengembung.

Untuk mengatasi masalah ini sangat mudah, yaitu sobat cukup memberikanya obat cacing saja, masalah ini dapat teratasi.

4. Sakit


Hal ini merupakan hal yang paling umu terjadi pada hewan ataupun manusia, pastinya jika burung Pleci sedang sakit, pastinya dia akan mengembungkan bulunya, tujuanya agar bisa menghangatkan tubuhnya, begitu pula dengan manusia, pada saat demam pastinya ia akan merasakan dingin yang sangat dasyat, dan untuk menghangatkan tubuhnya pasti dia membungkus tubuhnya dengan menggunakan selimut.

Untuk mengatasi hal ini sobat bisa mengobati si burung dengan Obat antibiotik burung yang visa sobat beli dipasaran burung.

Itupah tadi informasi dan cara mengatasi bulu burung Pleci yang mengembung. Semoga artikel ini bermanfaat.




Perhatian: Iklan Yang Tayang Di Situs Kami Sepenuhnya Diatur Oleh Pihak Google. Jadi Jika Ada Iklan Yang Menyinggung, Kalian Bisa Hubungi Admin Lewat formulir kontak situs ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.
Buka Komentar

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Bulu Pleci Mengembung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel