Cara Mengatasi Indukan Lovebird Bertelur Di Sembarang Tempat

Cara Mengatasi Indukan Lovebird Yang Bertelur Disembarang Tempat


Assalamulaikum kicau mania sebangsa dan setanah air. Ya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi penting mengenai Cara Mengatasi Indukan Lovebird Bertelur Di Sembarang Tempat.

Burung Lovebird merupakan burung yang sangat populer dan paling banyak dipelihara oleh para pecinta kicau mania yang ada di indonesia.

Mereka lebih memilih burung Lovebird sebagai burung penghobi mereka, baik itu untuk dipelihara ataupun untuk diternak, tujuan mereka menangkar burung Lovebird ini,  yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Karena seperti yang kita tahu bahwa harga jual burung Lovebird di indonesia bisa dibilang sangat tinggi terlebih lagi jika Lovebird yang sobat ternak merupakan jenis Lovebird yang banyak dicari seperti jenis Lovebird Albino

Namun, untuk menangkar burung Lovebird tidaklah semudah yang sobat pikirkan, banyak sekali para kicau mania yang gagal dalam berternak burung Lovebird, baik itu masalah Loveburd tidak mau kawin, bahkan Indukan Lovebird yang bertelur disembarang tempat, alhasil telurnya gagal netas.

Untuk sobat yang sudah melakukan penangkaran Lovebird dan sobat terkena dalam masalah seperti yang saya sebutkan diatas, maka artikel ini sangat cocok untuk sobat simak, agar sobat mengetahui Cara Mengatasi Indukan Lovebird Yang Bertelur Disembarang Tempat.

Sebenarnya ada banyak penyebab indukan Lovebird yang bertelur di sembarangan tempat, yang membuat telurnya tidak sukses menetas. Salah satunya yaitu disebkan oleh faktor lingkungan, karena untuk Indukan Lovebird yang baru pertama kali bertelur, mereka akan sangat rentan dengan kondisi lingkungan disekitarnya.

Jika kondisi lingkungan disekitar kandangnya kurang pas atau kurang mendukung, seperti kondisi yang ramai dan juga banyak binatang buasnya seperti kucing dan tikus, maka indukan Lovebird akan menjadi lebih sensitif dan lama - kelamaan akan menjadi stress.

Dikarenakan oleh pejantan yang terlalu sering mengecek - ngecek kotak sarangnya, yang memastikan apakah sarangnya aman atau tidak, jadi telurnya akan goyang - goyang, alhasil telur jadi tidak bisa menetas. Selain itu, pejantan juga akan sering berbunyi - bunyi kencang setiap akan didekati karena ia akan sering memberikan peringatan kepada sang betina untuk memberitahukan bahwa ada bahaya sedang mendekati sarangnya, yang membuat sang betina menjadi stress.

Baca Juga: Cara Ternak Lovebird Lengkap

Terlebih lagi jika sobat terlalu sering membuka kotak sarangnya untuk mengecek apakah Lovebird sudah bertelur atau belum, ini juka akan menyebabkan sang betina menjadi stress dan tidak mau mengeramkan telur - telurnya.

Jika sang betina sudah mengalami stress maka proses bertelur akan terganggu, dan hal ini akan terjadi terus menerus jika sang betina sudah stress.

Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, dan terjadi secara terus - menerus, maka pasangan ini akan menjadi pasangan yang afkir atau pasangan yang tidak bisa berproduksi.

Pasangan Lovebird yang akan Afkir, pasangan yang afkira akan ditandai dengan melihat saat bertelur burung hanya akan bertelur sebanyak 1 butir saja, dan indukan akan menutup telurnya dengan menggunakan rumput sarangnya, lalu telurnya tidak akan dierami. Selanjutnya sang betina tidak akan bertelur lagi dalam jangka waktu yang lama.

Cara Mengatasi Indukan Lovebird Yang Stress Dalam Waktu Singkat


Jika burung lovebird yang sobat miliki sudah masuk dalam kategori diatas, jangan khawatir, karena saya akan memberikan tipsnya bagaimana cara mengatasi indukan Lovebird yang stres.

1. Istirahatkan pasangan Lovebird itu kira - kira 2 sampai 3 bulan kedepan.
2. Keluarkan Pasangan Lovebird tersebut dari kandang penangkaranya, untuk sementara sobat memindahkan kedua Lovebird itu di sangkar umbaran, yang didalamnya tidak ada kotak sarangnya.
3. Lalu, melakukan pengatan kepada burung, apakah burung sudah siap ditangkar kembali atau belum.
4. Kalau sudah siap, masukan kembali pasangan Lovebird tersebut kedalam kandang penangkaranya bersama dengan kotak sarangnya.
5. Untuk mengetahui apakah sang betina Lovebird sudah siap untuk bertelur kembali, sobat cukup perhatikan dubur ( pantat ) Lovebird betina, jika dubur Lovebird betina agak membengkak dan juga kotoranya berair dan lembek, itu tandanya bahwa Lovebird betina sedang dalam proses pembentukan telur di Ovariumnya.  Namun dalam pengecekan sobat tidak perlu memegang indukan Lovebird, karna itu hanya akan membuat sang betina menjadi Stress, cukup dengan cara mengamati pada saat sang betina keluar kotak sarangnya untuk makan dan minum saja.
6. Sobat harus mengamati indukan Lovebird selama 3 minggu kedepan jika sudah mencapai pada waktunya, periksa kotak sarang apakah sudah terisi telur atau belum. Jika indukan Lovebird memang benar - benar bertelur maka kotak sarang biasanya akan terisi 4 sampai 6 butir telur.
Namun, sayangnya semua telur tersebut tidak akan berhasil menetas, biasanya yang menetas hanya 3 sampai 4 telur saja.

Nah, itulah tadi informasi mengenai Cara Mengatasi Indukan Lovebird Yang Bertelur Disembarang Tempat yang membuat telur - telurnya tidak menetas. Semoga artikel diatas dapat membantu sobat yang sedang kesulitan dalam menangkar burung Lovebird.

Jangan lupa di share ya gan,,






Perhatian: Iklan Yang Tayang Di Situs Kami Sepenuhnya Diatur Oleh Pihak Google. Jadi Jika Ada Iklan Yang Menyinggung, Kalian Bisa Hubungi Admin Lewat formulir kontak situs ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.
Buka Komentar

0 Response to "Cara Mengatasi Indukan Lovebird Bertelur Di Sembarang Tempat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel