Cara Merawat Burung Sule Setiap Hari

Cara Merawat Burung Sule Setiap Hari


Assalamualaikum kicau mania sebangsa dan setanah air. Ya pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang tips menjinakan burung sule dalam waktu singkat.

Burung Sule atau biasa disebut burung Gagak sulewesi ini merupakan burung yang paling populer atau yang paling banyak buru oleh para pecinta kicau mania di indonesia.

Burung Sule adalah burung endemik pulau Sulawesi yang hanya dapat kita temukan dihutan sulawesi, penyebaran burung Sule di pulau sulawesi meliputi Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan.
Burung Sule biasanya mendiami hutan yang jauh dari jangkauan manuasia, mereka lebih suka hidup di hutan yang memiiki pepohonan yang sangat lebat,  burung inipun sangat jarang untuk ditemukan biarpun kita sudah masuk hutan untuk mencarinya, hanya orang - orang yang profesional saja yang mengetahui dimana tempat burung ini berada.

Ciri Ciri Burung Sule



  • Burung Sule memiliki bentuk tubuh yang masuk kategori burung yang berukuran besar yaitu mencapai 30 -35 cm.
  • Bulu burung Sule didominasi oleh warna hitam pekat yang menyebar diseluruh tubuhnya, kecuali pada bagian lehernya sampai dadanya yang berwarna putih.
  • Burung Sule memiliki bentuk paruh yang panjang dan besar yang berwarna hitam pekat.
  • Burung Sule merupakan burung yang suka berbunyi, pada saat berbunyi Suara burung Sule bisa didengar sampai jarak 100 -150m.
  • Burung Sule dialam luar maupun di penangkaranya, mereka merupakan hewan predator yang memakan semuanya entah itu buah - buahan maupun daging, tidak jarang burung ini juga memakan burung lainya. Seperti burung Pleci, kolibri sampai burung yang lebih besar lainya.
  • Aroma burung sule bisa dikatakan kurang bersahabat, burung sule memiliki bau badan yang berbau tidak enak, hal ini dikarenakan oleh makanan yang dia makan.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai ciri ciri dari burung sule, dan selanjutnya mari kita lihat bagaimana cara merawat burung Sule dan cara menjinakanya.

Cara Merawat dan Menjinakan Burung Sule


Untuk merawat burung sule harian sobat harus melakukan hal berikut ini secara teratur setiap hari, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

1. Memandikan Burung Sule


Yang pertama yang harus sobat lakukan dalam perawatan burung sule setiap hari yaitu memandikan burung sule, sobat bisa memandikan burung sule pada pagi hari yaitu tepatnya pada pukul 06.30 - 07.00 pagi hari.

Mandikan burung sule dengan cara menyemprotnya dengan menggunkan semprotan burung yang sobat bisa beli dipasar burung.

Semorot tubuh burung sampai basah kuyub dari ujung kepala sampai ujung kakinya. Lakukan pemandian ini setiap hari atau bisa juga 3 - 4 kali dalam seminggu.

2. Menjemur Burung Sule


Setelah proses memandikanya sudah selesai, selanjutnya yang harus sobat lakukan yaitu menjemur burung dibawah sinar matahari pagi.

Penjemuran ini bertujuan untuk mengerinkan bulu burung agar burung tidak kesinginan. Waktu penjemuran yaitu cukup 30 - 45 menit saja. Jika burung disangkarnya sudah mulai glabakan pada saat dijemur, itu tandanya penjemuran sudah cukup.

3. Pengangin - anginan Burung


Selanjutnya setelah burung sudah selesai dijemur dan bulunya sudah kering, maka selanjutnya angin - anginkan burung, dengan cara mengangkat sangkarnya dan menaruhnya ditempat yang sejuk, seperti dibawah pohon atau didalam ruangan dengan ventilasi udara yang bagus.

4. Pemberian Pakan


Nah, pada saat burung dalam proses pengangin - anginan, maka sobat harus memberikan pakan pada burung, sobat bisa memberikan pakan berupa buah - buahan dan hewan tambahan.

Untuk buah sobat bisa memberikanya buah seperti pisang, jambu, pepaya, atau buah mangga.

Dan untuk serangga sobat bisa memberikanya berupa jangkrik, belalang ataupun kroto. Namun pemberian serangga ini tidak usah terlalu banyak, karena jika terlalu banyak itu akan berdampak pada aroma burung.

Pemberian pakan ini bisa sobat lakukan sebanyak 1 -2 kali dala sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

5. Pembersihan Kandang


Selain pemberian pakan , peman dian dan penjemuran, yang tak kalah sobat harus perhatikan juga yaitu pembersihan kandangnya.

Seperti yang kita tahu bahwa burung sule merupakan burung yang memiliki kotoran yang aromanya kurang sedap. Jadi kita harus membersihkan kandannya secara rutin setiap hari.

Untuk terhindar dari bau kotoran dan terhindar dari penyakit yang menyerang burung.

Itulah tadi cara merawat burung sule yang baik dan benar setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat.


Perhatian: Iklan Yang Tayang Di Situs Kami Sepenuhnya Diatur Oleh Pihak Google. Jadi Jika Ada Iklan Yang Menyinggung, Kalian Bisa Hubungi Admin Lewat formulir kontak situs ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.
Buka Komentar

0 Response to "Cara Merawat Burung Sule Setiap Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel