Burung Kring Kring Bukit Yang Memiliki Keunikan Tersendiri

Burung Kring Kring Yang Memiliki Keunikan Tersendiri


Assalamulaikum kicau mania sebangsa dan setanah air. Ya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang Burung Kring Kring Dengan Keunikanya Yang Luar Biasa.
Burung kring kring merupakan salah satu jenis dari sekian banyak burung Parrot atau paruh bengkok yang ada di indonesia.

Jika kita berbicara tentang jenis burung parrot atau burung paruh bengkok yang ada di indonesia, maka tidak lepas juga dengan jenis burung parrot yang ada didunia.

Bagaimana tidak, burung parrot atau paruh bengkok tidak hanya banyak terdapat di indonesia saja, melainkan di berbagai daerah di penjuru duniapun banyak terdapat spesies yang berbeda beda.

Burung parrot atau paruh bengkok di seluruh dunia terdiri atas ratusan hingga jutaan spesies yang terdapat diberbagai negara sesuai dengan iklim masing - masing negara tersebut.

Di indonesia sendiri burung parrot atau paruh bengkok lebih banyak terdapat di indonesia bagian timur contohnya saja burung parrot dengan sebutan nama burung kring kring bukit yang hanya terdapat di kepulauan buru provinsi Maluku.

Burung kring kring bukit atau di maluku di sebut burung kring kring buru ini merupakan salah satu hewan endemik provinsi Maluku. Burung ini memiliki berbagai keunikan tersendiri yang hanya dimiliki kring kring bukit.
Mengapa saya mengatakan burung kring kring memiliki keunikan tersendiri, yaitu dikarenakan burung kring kring memiliki berupa sepasang antena yang terdapat di bagian ekornya, yang sangat unik yang tidak dimiliki oleh jenis burung lain, dan satu - satunya burung parrot atau paruh bengkok yang memiliki antena seperti ini.

Burung kring kring bukit merupakan termasuk kedalam keluarga spesies burung Psittaculidae, yang hanya dapat kita jumpai di kepulauan Buru di Provinsi Maluku Selatan.

Burung kring kring bukit memiliki panjang ukuran tubuh yaitu berkisaran antara 32cm dengan berat badan sekitar 200 hingga 225 gram. Yang membuat burung ini termasuk kedalam burung paruh bengkok yang berukuran besar.

Bulu yang dimiliki oleh burung kring kring ini yaitu didominasi dengan warna hijau tua, paruhnya berwarna hitam dan ada juga yang berwarna agak putih dan warna penutup ekor pada bagian bawahnya berwarna agak kekuning - kuningan.

Perbedaan kring kring bukit jantan dan betina


Untuk membedakan burung kring kring berjenis kelamin jantan dan betina sangat mudah yaitu kita hanya perlu melihat warna biru yang terdapat pada punggung burung.

Pada burung kring kring bukit jantan memiliki warna biru yang terdapat pada tengkuk, pundak dan punggungnya, mahkota pada bagian belakangnya berwarna merah, pita mentel bagian atas berwarna kuning jingga, dan mentel bagian bawah dan penutup berwarna keabu - abuan.

Sedangkan burung kring kring bukit betina hanya memiliki warna biru yang terdapat pada bagian tengkuknya saja. Lihat gambar dibawah

Dialam liar burung kring kring bukit biasanya mendiami di tepi hutan lembab, hutan lumut bahkan juga biasanya mendiami perkebunan warna yang memiliki dataran rendah yang memiliki ketinggian sekitar 2.000 meter diatas permukaan laut.

Untuk makananya sendiri burung kring kring dialam liar biasanya memakan buah - buahan seperti buah pisang, buah beri, buah mangga dan juga buah gersen. Terkadang juga mereka memakan berupa biji bijian seperti biji kacang dan juga biji bunga matahari.

Terkadang juga mereka memakan berupa jagung milik warga, tidak hanya memakan saja, mereka juga merusak ladang warga di daerah penyebaranya mereka disebut sebagi burung hama.

Burung kring kring merupakan burung yang hidupnya berkelompok baik itu pada saat mencari makan maupun sedang membuat sarang, setiap kelompok burung kring kring biasanya berjumlah puluhan bahkan ratusan perkelompok. Musim kawin burung kring kring bukit ini diperkirakan pada bulan Oktober sampai Desember.

Jika dialam liar burung kring kring bukit dianggap sebagai burung hama, namun di pasaran burung ini bernilai lumayan tinggi.

Jika sobat memiliki burung kring kring bukit ini, sobat bisa memberikan pakan yang lebih bervariasi. Pakan yang diberikan bisa berupa campuran buah - buahan seperti pisang, apel dan biji - bijian seprti biji jagung muda, kacang tanah, biji bunga matahari, biji tauge, biji milet, biji gabah, bahkan nasi dan telur rebus ayam kampung atau telur rebus burung puyuh.

Burung kring kring termasuk dalam genus prionitirus, dan diselur dunia burung kring kring hanya terdapat sembilan jenis spesies saja dan hanya terdapat pada daerah di indonesia dan filipina saja.

Jenis jenis Burung Kring Kring


Di indonesia burung kring kring terdapat tiga jenis saja dan selebihnya terdapat di filipina. Salah satunya ialah Kring kring buru dan dua yang lain sendiri jenis burung kring kring yaitu:


  • Burung Kring kring bukit /golden mantlet racket ( plioniturus platurus ) burung endemik Sulawesi dan kepulauan sula.
  • Burung Kring kring dada kuning ( Prioniturus Flavican ) burung endemik sulawesi bagian utara, tengah, pulau bangka, dan kepulauan togean. Spesies ini masuk kedalam hewan yang terancam punah.
Menurut data Read List IUCN yang menjelaskan bahwa populasi burung kring kring bukit terancam punah atau resiko rendah LC. Maka dari itu kita harus menjaga kelestarian burung ini agar burung ini masih terdapat pada dialam liar 20 hingga 30 tahun kedepan.

Demikian postingan saya kali ini  yang membahas informasi mengenai Burung Kring Kring Bukit Yang Memiliki Keunikan Tersendiri. Semoga postingan ini bermanfaat jangan lupa di share ya sob.


Perhatian: Iklan Yang Tayang Di Situs Kami Sepenuhnya Diatur Oleh Pihak Google. Jadi Jika Ada Iklan Yang Menyinggung, Kalian Bisa Hubungi Admin Lewat formulir kontak situs ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.
Buka Komentar

0 Response to "Burung Kring Kring Bukit Yang Memiliki Keunikan Tersendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel