Cara Membedakan Burung Tekukur/Dekukur Jantan Dan Betina Secara Akurat

Cara Membedakan Burung Tekukur/Dekukur Jantan Dan Betina Secara Akurat


Assalamualaikum kicau mania sebangsa dan setanah air. Ya, pada kesempatan kali ini saya akn berbagi Tips tentang Cara Membedakan Tekukur/Dekukur Jantan Dan Betina.

Ya sebelum kita melanjutkan ke pokok pembahasanya tentang cara membedakan Tekukur/Dekukur jantan dan betina, mari kita melihat tentang penjelasan dari burung Tekukur/Dekukur.

Burung Tekukur/Dekukur merupakan jenis burung yang masuk kedalam family jenis burung merpati-merpatian, namun burung tekukur ini memiliki perbedaan yang mencolok yaitu terdapat pada ekornya, pada ekor burung tekukur lebih panjang dibandingkan dengan ekor burung merpati.

Burung Tekukur/Dekukur sebagian besar banyak mendiami kawasan terbuka seperti lahan persawahan, lahan perkebunan yang rata dan juga tanah ladang.

Burung Tekukur/Dekukur ini memiliki ukuran tubuh yang panjangnya berkisaran antara 28 sampai 32 centimeter ( 11.2 - 12.8 ) pada bagian belakang sayap dan pada bagian ekor burung Tekukur memiliki warna pirang pucat dengan bintik-bintik kuning pucat yang mencolok.

Pada saat terbang burung tekukur biasanya menonjolkan bulu yang berwarna hitam yang dibatasi oleh tepi bulu dalam yang berwarna kelabu pucar.

Warna bulu burung Tekukur jantan dan betina memiliki warna yang serupa yaitu warna umumnya berwarna coklat. Namun qarna dari anakan burung tekukur memiliki warna bulu yang suram.

Perbandingan dengan burung yang sudah dewasa burung tekukur anakan tidak memiliki warna jalur leher yang  terlihat jelas.

Pada warna bulu kepala burung ini berwarna merah muda dibagian atas dan bawahnya. Dan jika sudah mulai dewasa warna dari burung tekukur ini berangsur-angsur berubah menjadi warna kelabu pucat pada bagian perut bawahnya. Dan warna pada lehernya mulai muncul bintik-bintik putih dan pada bagian kakinya berwarna merah terang.

Burung Tekukur/Dekukur ini di alam liar memakan berupa biji-bijian seperti biji jagung dan biji kacang polong atau kacang tanah. Tidak jarang juga burung Tekukur ini biasanya memakan berupa hewan serangga kecil seperti jangkrik, belalang dan juga cacing.

Burung Tekukur/Dekukur biasanya mencari makanan diladang pertanian jagung dan persawahan yang ditanami banyak tumbuhan biji-bijian.

Burung Tekukur berkembang biak sepanjang tahun dari bulan januari sampai desember, burung Tekukur dalam membuat sarangnya biasanya mereka menaruh sarangnya di atas pohon pisang, pohon lemon, burung durian di tepi bangunan dan juga
Di rerumputan.

Dalam membuat sarangnya burung Tekukur biasanya membuat dengan menggunakan bahan ranting pohon, rerumputab dan juga kulit pohon.

Berbeda dengan kehidupan keluarganya burung merpati, kehidupan burung Tekukur/Dekukur dialam liar lebih suka hidup bergerombol, setiap kelompok biasanya berjumblah 5 sampai 6 ekor. Dan burung merpati lebih suka hidup secara berpasang pasangan yaitu 2 ekor saja.

Sama halnya dengan burung Merpati, burung Tekukurpun mudah untuk dijinakan jika dirawat dengan benar dan rutin. Burung Tekukur merupakan burung yang sering dan suka berbunyi.

Pola terbang dari burung Tekukur ini sama dengan pola terbang dari burung merpati, yaitu bisa dilihat pada saat mendarat. Burung tekukur pada saat mendarat mereka akan menaikan ekornya keatas.

Pada saat musim kawin tiba, burung Tekukur jantan akan memperlihatkan keunikanya yaitu mereka akan mengangkat ekornya sampai keadaan curam, membuka sayap dan ekornya hingga lebar dan juga burung Tekukur jantan akan mengejar- ngejar dan mengelilingi Tekukur betina.

Dan Tekukur jantan akan lebih agresif dan lebih sering bunyi seperti Te-ku-kur dengan nada not pada yang terakhir mengalami penekanan.

Itulah tadi informasi mengenai ciri-ciri dari burung Tekukur. Dan selanjutnya mari kita lanjut ke pokok pembahasan yaitu Cara Membedakan Tekukur/Dekukur Jantan Dan Betina Secara Akurat.

Cara Membedakan Tekukur/Dekukur Jantan Dan Betina Secara Akurat


1. Melihat Ukuran Tubuh Tekukur

Untuk membedakan Tekukur jantan dan betina yaitu lebih mudah dilakukan pada saat Burung Tekukur masih kecil dengan cara melihat postur tubuhnya. Pada anakan burung Tekukur jantan ukuran tubuhnya lebih besar dari sang betina.

Sedangkan pada Burung Tekukur Betina ukuran tubuhnya lebih kecil dan memiliki bulu tubuh yang lebih lebat dan bulunya kekuning-kuningan.

Secara sskilas ukuran tubuh burung Tekukur jantan dan betina memiliki ukuran tubuh yang sama saja. Namun pada saat dipegang ukuran tubuh burung jantan lebih besar dan berisi dan juga pada saat diangkat burung jantan akan lebih berat dari burung Tekukur betina.

2. Melihat Kepala Tekujur

Jika diperhatikan dengan baik bulu kepala dan dahi Tekukur jantan berwarna lebih cerah dibandingkan warna dari burung Tekukur betina.

Dan ukuran kepala burung Tekukur jantan lebih besar dibandingkan dengan ukuran kepala burung Tekukur Betina.

Kepala dari burung Tekukur jantan memiliki benjolan sedikit, sedangkan kepala dari burung Tekukur betina bulat sepenuhnya.

3. Melihat Mata Tekukur

Dilihat dari bentuk iris matanya, burung Tekukur jantan memiliki bentuk iris mata yang lebih kecil dan terang, sedangkan pada iris mata burung Tekukur betina, bentuk iris matanya lebih besar.

4. Melihat Bulu Sayap Tekukur

Bulu sayap burung Tekukur jantan lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah bulu sayap burung Tekujur betina.

Jika dipegang burung Tekukur jantan akan terasa lebih berisi sedangkan pada burung Tekukur betina, pada saat dipegang terasa bulu sayapnya lebih tebal. Dan juga pada saat dipegang lama, burung tekukur betina akan menjadi lemas. Bulu sayap burung Tekukur jantan lebih bersih dibandingkan bulu sayap burung Tekukur betina.

5. Melihat Lehernya

Dilihat dari lehernya, burung Tekukur jantan memiliki manik-manik tau bintik-bintik yang lebih banyak dan lebih terang. Serta ukuran leher burung Tekukur jantan lebih besar dibandingkan burung Tekukur betina.

Dan juga bulu leher dari burung Tekukur betina lebih sedikit dan juga warna lehernya tidak begitu terang.

6. Mendengar Suaranya

Burung Tekujur jantan umumnya lebih sering berbunyi dibandingkan burung Tekukur betina. Burung tekukur betina pada saat berbunyi akan mengeluarkan suara yang lebih nyaring.

Jika diletakan secara berkelompok, burung Tekukur jantan akan lebih sering bunyi dan akan mengangguk-ngangguk pada saat mengeluarkan suara sedangkan burung Tekukur betina tidak. Dan burung Tekukur betina akan berbunyi pada saat  sendirian.

7. Melihat Bentuk Dadanya

Dilaht dari bentuk dadanya, buru g Tekukur jantan memiliki bentuk dada yang lebih luas dan terlihat lebih berisi dan kuat. Sedangkan umuran dada dari burung Tekukur betina lebih kecil dan rata.

8. Melihat Bentuk Tulang Udang

Jika dilihat dari tulang udangnya. Tulang udang pada burung Tekukur betina lebih luas dan lebar dibandingkan dengan tulang udang Tekukur jantan yang lebih sempit. Namun kadang ada juga Tekukur jantan yang memiliki tulang Udang yang luas. Dan tulang udang Burung Tekujur betija lebih lembut dari tulang Udang jantan.

9. Malihat Bentuk Kaki

Ukuran kaki dari Tekukur jantan lebih kecil dan lebih panjang dari ukuran kaki burung Tekukur betina. Ukuran kaki dari burung Tekukur betina lebih besar namun agak pendek.

10. Melihat Anus Atau Klokoa

Bentuk dari ukuran anus burung Tekukur jantan memiliki bentuk yang Monyong sedangkan pada klokoa betina memiliki bentuk yang melebar.

Itulah Tips dari saya tentang Cara Membedakan Burung Tekukur Jantan Dan Betina Secara Akurat. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa di share ya gan.




Perhatian: Iklan Yang Tayang Di Situs Kami Sepenuhnya Diatur Oleh Pihak Google. Jadi Jika Ada Iklan Yang Menyinggung, Kalian Bisa Hubungi Admin Lewat formulir kontak situs ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google.
Buka Komentar

0 Response to "Cara Membedakan Burung Tekukur/Dekukur Jantan Dan Betina Secara Akurat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel